Sejarah Desa Pejukutan

Administrator

LATAR BELAKANG SEJARAH DESA

Desa pejukutan adalah salah satu desa di kecamatan Nusa Penida, terletak 17 kilometer dari kota kecamatan. Awal terbentuknya Desa Pejukutan adalah pda zaman dahulu Desa Pejukutan merupakan salah satu dari desa yang baru, hasil dari pemekaran. Sebelum mekar/berdiri secara difinitif, Desa Pejukutan menjadi bagian dari Desa Suana yang wilayahnya meliputi:

  1. Dusun Karangsari
  2. Dusun Celagilandan
  3. Dusun Kelemahan
  4. Dusun Suana
  5. Dusun Semaya
  6. Dusun Karang
  7. Dusun Ampel
  8. Dusun Pejukutan
  9. Dusun Pendem
  10. Dusun Pelilit

Jarak tempuh dari pusat desa ke masing-masing banjar cukup jauh apalagi pada tahun 1980an dengan transportasi belum lancer, sudah tentu hal ini akan mempengaruhi pelayanan terhadap masyarakat, karena itu maka muncul gagasan untuk mengusulkan kepada Pemerintah agar Desa Suana yang wilayahnya sangat luas dimekarkan. Hal tersebut mendapat restu dari Pemerintah melalui proses :

  • Desa Persiapan

Selama Desa Persiapan ditunjuk seorang Pejabat Kepala Desa Persiapan dan Staff Kecamatan yakni Anak Agung Ngurah Satria Tenaya, Desa Persiapan ditetapkan dengan Surat Keputusan Nomor : ……………. Tanggal …… dan dibantu oleh Desa yakni : I Wayan Jasmani, I Wayan Suardika, I Wayan Widia, I Nyoman Captarawan dan I Komang Mulu.

 

  • Desa Persiapan Pejukutan meliputi :
  • Dinas Pejukutan yang terdiri dari Banjar Pejukutan, Banjar Batang, dan Banjar Tukad Saang.
  • Dinas Ampel terdiri dari satu banjar yakni Banjar Ampel.
  • Dinas Karang terdiri dari 5 banjar yakni Banjar Tugu, Banjar Pering, Banjar Kelodan, Banjar Baledan, dan Banjar Karang Gede.
  • Dinas Pendem terdiri dari 5 banjar yakni Banjar Pendem Kajanan, Banjar Pendem Kanginan, Banjar Belkung, Banjar Bunut, dan Banjar Ambengan.
  • Dinas Pelilit terdiri dari 4 banjar yakni Banjar Pelilit Asah, Banjar Pelilit Bukit, Banjar Pelilit Kubu, dan Banjar Cemlagi.

Status Desa Persiapan berjalan sejak tahun 1993 sampai tahun 1996 selama tiga tahun. Setelah ditetapkannya sebagai Desa Difinitif maka terpilihlah Kepala Desa yang bernama I PUTU ARDANA melalui pemilihan yang dilantik dengan Surat Keputusan dari Bapak Bupati Nomor : ….. tanggal …., sekaligus menjadi Kepala Desa Pejukutan yang pertama.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Perbekel Kasi Pelayanan Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kaur Umum Kaur Perencanaan Kaur Keuangan Kelian Banjar Dinas Pejukutan Kelian Banjar Dinas Pendem Kelian Banjar Dinas Pelilit Kelian Banjar Dinas Ampel Kelian Banjar Dinas Karang

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

STATISTIK VIRUS CORONA