Om Swatiastu

Perbekel Desa Pejukutan

I Nyoman Yudiadnyanawan, S.Sos.

Bali Punya Mata Air Indah Tepi Laut Yang Tersembunyi

  • 03 Maret 2017
  • Dibaca: 637 Pengunjung
Bali Punya Mata Air Indah Tepi Laut Yang Tersembunyi

Umumnya mata air cuma dijumpai di gunung atau lembah. Namun di Nusa Penida, Bali, ada Mata Air Guyangan yg terletak di tepi laut.

Mata Air Guyangan salah sesuatu penyangga kebutuhan air di Nusa Penida. Berbeda dari mata air lainya, letak Mata Air Guyangan ini di bawah tebing curam yg segera tumpah ke laut.

Ratusan meter tebing curam mulai menyambut pengunjung dan ratusan anak tangga. Dibutuhkan nyali bagi sampai ke Mata Air Guyangan. Perjalanan dari pintu masuk sampai ke Mata Air Guyangan, sangatlah eksotis dan ekstrem.

Melewati tangga-tangga besi yg banyak dan rapuh dengan anak tangga yg mencapai kemiringan 80 derajat atau lebih yg membuat tak seluruh orang berani turun ke bawah.

Jarak turun ke bawah mata air kurang lebih 500 meter dan di dua jalan datar tak ada pegangan tangan sebagai pengamannya. Sensasinya gimana gitu dan pastinya uji nyali bagi yg tak suka perjalanan ekstrem.

Di sepanjang tangga turunan mulai kelihatan banyak kabel listrik dan pipa-pipa besar yg mampu dimanfaatkan sebagai pegangan saat turun dan naik. Tempatnya masih alami, masih jarang wisatawan yg melancong ke sini.

Saat kita ke sana, hanya dua bule dan orang lokal yg ada di sana. Belum ada retribusi atau penjaga di pintu masuk. Bisa jadi karena kalian telah sore pas sampai di sana.

Tapi dari penjelasan guide kami, memang lokasi ini tak termasuk lokasi wisata. Mungkin karena lokasi dan fasilitas yg belum ada dan bahaya yg mampu mengintai kapan saja.

Dulu sih dapat berendam di kolamnya, tetapi sekarang telah dilarang karena sudah menjadi mata air untuk penduduk di Nusa Penida.

Lelah perjalanan turun menuju mata air seketika hilang ketika badan merasakan airnya yg jernih, bersih, dingin.

Bagi mereka yg pertama kali ke sini termasuk saya, biasanya mulai merasakan lutut gemetar karena jalan yg sangat terjal. Tetapi seluruh ketakutan itu mulai terbayar oleh pemandangan tebing dan laut yg memukau.

Beberapa sumber berita yg sempat aku baca, Sumber air Guyangan diproyeksikan mampu mengalirkan air bersih ke delapan desa di Nusa Penida. Yakni Desa Kutampi, Batu Kandik, Sekar Taji, Batu Madeg, Tanglad, Pejukutan, Klumpu, dan Bunga Mekar.

Entahlah ini Mitos atau apa, tetapi kami harus menghormati budaya dan kepercayaan orang lokal dimanapun kalian berada.

Sumber: https://travel.detik.com/read/2017/03/03/115500/3404826/1025/bali-punya-mata-air-indah-tepi-laut-yang-tersembunyi

  • 03 Maret 2017
  • Dibaca: 637 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita