Om Swatiastu

Perbekel Desa Pejukutan

I Nyoman Yudiadnyanawan, S.Sos.

Pantai Atuh (Atuh Beach), Trip Wajib di Nusa Penida

  • 14 Desember 2017
  • Dibaca: 418 Pengunjung
Pantai Atuh (Atuh Beach), Trip Wajib di Nusa Penida

Berlokasi di Dusun Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung-Bali. Dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida, jarak ke Pantai Atuh kira-kira 25 KM, waktu yang diperlukan kira-kira 1,5 Jam.

Nama Pantai Atuh sendiri berasal dari 2 mata air yang terdapat pada pantai tersebut. Mata air tersebut berupa sumur. Walaupun dekat dengan pantai, kenyataan mata air tersebut terasa tawar. Yang unik mata air tersebut tidak pernah kering walaupun musim kemarau. Oleh karenanya masyarakat sekitar menamai pantai ini dengan sebutan “ATUH”. Atuh berasal dari dua kata, “a'” artinya tidak “tuh” berarti kering, jadi atuh artinya tidak kering. Hal ini sesuai dengan keberadaan mata air yang tidak pernah kering di pantai tersebut.

Dekat dengan sumber mata air tersebut terdapat sebuah pura. Namanya adalah Pura Atuh, nama ini sesuai dengan pantai atuh sendiri. Pura tersebut dibangun masyarakat sekitar sebagai kegiatan persembahyangan. Saat hari-hari tertentu, umat hindu yang berlokasi dekat dengan pantai atuh banyak yang melaksanakan persembahyangan ke Pura Atuh.

Atuh Beach termasuk destinasi wisata Nusa Penida bagian Timur. Semenjak Nusa Penida menjadi destinasi wisata baru di Pulau Bali, Pantai Atuh menjadi incaran para tourist. Keunikan dan keindahan alam yang masih asri di sekitar pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana damai sangat terasa di Pantai ini, hal ini dikarenakan lokasi pantai yang cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Untuk mencapai pantai atuh, dari lokasi parkir pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 2 KM. Tetapi tidak usah kwatir, sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan bukit karang dan view laut yang indah. Disebelah timur akan nampak pemandangan laut biru dengan pantai kecil di bawahnya. Sebelah barat akan nampak pantai atuh dari jauh.

Sampai di pantai atuh, pengunjung akan disuguhkan pantai pasir putih yang diapit tebing karang. Kejernihan air laut membuat beberapa karang laut nampak samar. Jika surut, karang laut itu akan nampak dengan sangat jelas.

Di tengah laut, terdapat bukit karang yang oleh masyarakat disebut Pulau Melawang atau Pulau Pepadasan. Yang unik dari pulau kecil ini adalah adanya batu bolong di ujung pulau. Oleh karenanya masyarakat juga menyebutnya Pulau Batu Bolong. Pulau batu bolong ini terlihat jelas dari Pantai Atuh, sehingga menjadikan Pantai Atuh terlihat berbeda dengan Pantai lainnya di Nusa Penida.

Sangat menarik bukan ??, bagi wisatawan yang berminat ke Nusa Penida. Destinasi Pantai Atuh (Atuh Beach), dapat menjadi tujuan utama. Nusa Penida Tourism menyediakan beberapa paket tour dengan destinasi Pantai Atuh. Berikut beberapa paket wisata Nusa Penida Tourism dengan destinasi Pantai Atuh:

Paket Half Day Nusa Penida Timur

Paket 2 Days 1 Night (2D1N)

Paket 3 Days 2 Nights + Snorkeling (3D2N+S)

  • 14 Desember 2017
  • Dibaca: 418 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita